RUBIAH PASIONIS (CP)

Lencana


Para Rubiah Pasionis didirikan oleh St. Paulus dari Salib pada tahun 1771 di kota Tarquinia (Italia). Rubiah Pasionis telah berkembang dan sekarang hadir di 13 negara dengan 35 pertapaan. Mereka hadir juga di negara Indonesia, sejak tahun 1994 di Maumere (Ntt) dan sejak 1995 di Malang (Jatim).

St. Paulus dari Salib menghendaki pertapaan yang dihuni oleh wanita-wanita suci dan bersemangat tinggi. Mereka diajak sungguh-sungguh mati akan segala hal duniawi guna menyerupai Yesus Tersalib dan Bunda Maria Berdukacita. Panggilan Rubiah Pasionis dalam Gereja adalah menjadi tanda nyata cinta kasih Yesus Tersalib kepada BapaNya dan manusia. Hidup mereka dipersembahkan bagi kepentingan Gereja serta keselamatan seluruh umat manusia, walaupun mereka hidup melulu dalam pertapaan. Selain itu, Paulus dari Salib menghendaki agar para Rubiah Pasionis menolong para Biarawan Pasionis dalam karya kerasulan dengan doa, matiraga dan hidup yang tersembunyi.

Suasana kontemplatif dijaga dengan silentium. Namun setiap hari, setelah makan siang dan malam, ada rekreasi penuh gembira yang mengungkapkan kegirangan hati. Doa diselingi dengan pekerjaan dan kerajinan tangan bagi kepentingan komunitas, seperti menjahit, menyulam, membuat barang-barang rohani, berkebun dll. St. Paulus dari Salib memberi suatu keistimewaan kepada Rubiah Pasionis, yaitu mereka boleh menerima satu dua orang wanita awam maupun religius di dalam klausura guna mengalami hidup sunyi, doa dan pembinaan rohani lainnya yang berlangsung satu hari atau lebih, bersama komunitas atau tersendiri.

Spiritualitas Rubiah CP sama dengan spiritualitas Biarawan Pasionis yaitu merenungkan Sengsara Yesus Kristus dan menghayatinya dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaannya ialah bahwa Biarawan Pasionis selain merenungkan dan menghayati Sengsara Yesus Kristus juga mewartakannya dengan beraneka kegiatan kerasulan, sedangkan para Rubiah mengkhususkan diri dalam hidup kontemplatif dan tidak berkarya di luar pertapaan sebagaimana dijalankan para Suster Pasionis St. Paulus dari Salib atau para Suster aktif lain.

Gadis-gadis yang merasa tertarik dengan kehidupan para Rubiah Pasionis silakan menghubungi
Pertapaan Getsemani: Wairklau - Maumere 86112 Flores - Ntt
Tel/Fax (0382) 21383 - HP 085239089280; 081237557300
atau
Pertapaan St. Paulus dari Salib
: Jl. Raya Pandan Landung, Kecamatan Wagir - Malang 65158 - Jatim
Tel (0341) 558317 - HP 081252216508


Web page by Vincent Carletti CP


Last update 13th March 2012